Tips Memberi Makan pada Anak Pra Sekolah

Tips Memberi Makan pada Anak Pra Sekolah


Kali ini saya akan memberikan tips cara memberi makan pda anak yang sulit makan, mungki dengan saya memposting tips ini sobat leonarsis bisa sedikit tau gimana cara memberikan makan pada anak, biar efektif dalam pemberian makan untuk lebih lanjut silahkan lihat kutipanku berikut ini:
1.     Tetap memberikan susu.
Anak perlu minum susu 2-3 cangkir susu sehari. Susu memberikan kalsium dan pospor yang penting untuk menguatkan tulang dan gigi.
2.     Menciptakan makanan yang diinginkan.
Melibatkan anak dalam memilih makanan dan merencanakan menu. Ajaklah dia ke pasar dan terangkan mengenai fungsi dari jenis makanan yang berbeda. Ceritakan kepadanya bahwa makan telur bisa menjadikan otot kuat dan makan wortel bisa menjadikan mata sehat untuk melihat, kesemuanya akan membantu anak untuk memahami mengapa orang tua memberikan makanan ini.
3.     Menyiapkan makanan yang menarik.
Di samping aneka dan sajian makanan, penting juga untuk menarik minat dan perhatian anak. Memotong sayur-sayuran dalam bentuk yang menarik. Anak diberikan sayuran dengan warna dan bentuk yang berbeda seperti wortel, buncis, bayam, jagung. Selain itu atur buah-buahan dalam bentuk yang menarik karena anak akan lebih berselera untuk menikmati rasa buah tersebut. Yang tidak kalah penting adalah jangan mencampur makanan ke dalam satu mangkok. Pisahkan jenis makanan yang berbeda dengan mempergunakan piring yang berbeda.
4.     Menghindari anak makan yang berlebihan.
Kegemukan pada anak-anak merupakan suatu kekuatiran. Anak yang kegemukan bisa mempunyai problema kesehatan dalam kehidupannya di kemudian hari. Untuk mencegah anak kegemukan orang bisa membantu dengan membentuk kebiasaan makan makanan yang baik ketika masih muda. Misalnya hindari menggunakan makanan sebagai bentuk hadiah atau bujukan, memberi  makanan kecil yang menyehatkan serta jangan makan yang berlebihan.
5.     Memberi makanan kecil yang sesuai.
Anak usia pra sekolah karena dengan ukuran tubuhnya dan seleranya kecil, sangat baik dengan pemberian makanan yang tidak terlalu banyak, yang diberikan empat – enam kali dalam sehari. Oleh karena itu makanan kecil sama pentingnya dengan makanan pokok dalam memenuhi kebutuhan nutrisi anak selama sehari. Makanan kecil yang baik seperti sop kacang merah, kue yang berisi daging, buah-buahan segar, susu, jus buah, susu kedelai, roti, singkong rebus, ubi rebus.

Catatan            :
Cucilah tangan sebelum menyuapkan makanan anak.
Gunakan bahan makanan yang baik dan aman, peralatan masak yang bersih dan cara memasak yang benar.

Semoga tips ini bermanfaat untuk sobat-sobat semua, untuk tips-tips menarik selanjutnya, lihat di leonarsis.

0 Response to "Tips Memberi Makan pada Anak Pra Sekolah"

Post a Comment