Media Budidaya Ikan di Indonesia

Selama malam sobat-sobat Leonarsis, malem yang indah bukan, kemarin saya sudah memposting tentang 

Wadah Budidaya Ikan Indonesia kali ini saya akan meneruskan materi tentang media bubidaya ikan, sehubungan dengan budaya ikan pastinya tidak terlepas pada media untuk berbudidaya ikan ini sesuai dengan judul postingan ini kali ini saya akan berbagi materi tentang :

Media Budidaya Ikan di Indonesia



Ikan sebagai salah satu jenis organisme yang hidup pada suatu perairan, jika manusia melakukan kegiatan budidaya yaitu memproduksi organisme tersebut dalam suatu lingkungan perairan yang terbatas dan terkontrol dengan baik maka manusia harus memahami tentang lingkungan perairan dimana ikan tersebut dapat tumbuh dan berkembangbiak seperti di habitat aslinya. Lingkungan perairan tempat ikan yang dibudidayakan tumbuh dan Berkembang biasa disebut dengan media. Media yang dapat dipergunakan untuk melakukan kegiatan budidaya ikan ada beberapa persyaratan-persyaratan agar ikan dapat tumbuh dan berkembangbiak pada wadah yang terbatas tersebut. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas tentang berbagai macam sumber air yang dapat dipergunakan untuk kegiatan budidaya ikan, berbagai macam parameter kualitas air yang akan mendukung kegiatan budidaya ikan dan bagaimana kita melakukan pengukuran terhadap beberapa parameter kualitas air yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup oragnisme air yang akan dibudidayakan.

Dalam bahasan sumber air berisi tentang     sumber  air yang    dapat digunakan untuk kegiatan   budidaya ikan ada    beberapa  macam. Berdasarkan  asalnya sumber air yang dapat digunakan untuk Kegiatan budidaya ikan dapat dikelompokkan menjadi  dua  yaitu  air permukaan dan air tanah. Air permukaan yaitu air hujan yang mengalami limpasan/berakumulasi sementara ditempat-tempat rendah misalnya air  sungai, waduk,  danau dan   rawa.   Selain   itu   air permukaan dapat  juga didefenisikan sebagai  air yang  berada  disungai,  danau, waduk, rawa      dan      badan  air lainnya yang tidak      mengalami infiltrasi   kedalam. Sumber air permukaan tersebut sudah banyak dipergunakan untuk kegiatan budidaya ikan.   Sedangkan air tanah yaitu air hujan   yang mengendap atau air yang berada dibawah  permukaan  tanah. Air  tanah yang saat inidigunakan untuk kegiatan budidaya dapat diperoleh melalui cara pengeboran air tanah dengan   kedalaman   tertentu   sampai diperoleh titik sumber  air  yang  akan keluar dan dapat dipergunakan untuk kegiatan budidaya.
Pada  topic  tentang parameter kualitas    air    akan    dibahas    tentang beberapa parameter  kualitas  air  dari berbagai   aspek   antara   lain   adalah aspek fisik, aspek   kimia   dan   aspek biologi. Dari aspek fisik akan dibahas secara detail tentang  beberapa parameter   fisik   dari   suatu   perairan yang     sangat     berpengaruh dalam melakukan    kegiatan    budidaya    ikan antara   lain   adalah   kepadatan/berat jenis  air, kekentalan/viscosity, tegangan      permukaan,      suhu      air,kecerahan   dan kekeruhan air   serta salinitas.   Pada   aspek   secara   kimia akan   dibahas   secara detail   tentang beberapa      parameter      kimia      yang sangat     berpengaruh pada media budidaya    ikan    antara    lain    adalah oksigen,   karbondioksida,   pH,   bahan organik  dan  garam  mineral,  nitrogen, alkalinitas dan  kesadahan. Sedangkan pada aspek secara biologi  akan dibahas tentang kepadatan dan  kelimpahan plankton pada suatu    wadah    budidaya    ikan yang   sesuai   untuk   media   budidaya ikan. Pada topic pengukuran    parameter kualitas   air   akan   dibahas   beberapa parameter kualitas air dari aspek fisik, kimia dan biologi dengan menggunakan beberapa peralatan pengukuran  kualitas  air  yang  sangat mudah pengoperasionalan alatnya dan tersedia dibeberapa  tempat budidaya. Dengan   mengetahui   nilai parameter kualitas    air pada    suatu media   budidaya   maka   akan   dapat  dicegah   suatu   kejadian   yang   dapat merugikan bagi   organisme air   yang dibudidayakan sehingga tidak merugikan manusia. Seperti diketahui  bahwa  organisme air  yang dipelihara dalam suatu wadah budidaya     mempunyai     kemampuan untuk beradaptasi dengan media dimana  ikan  itu  hidup, sehingga  jika terjadi fluktuasi   terhadap beberapa parameter kualitas air pada    suatu lingkungan budidaya segera dilakukan penanganan dengan memberikan  perlakuan  khusus  pada media budidaya.


Demikian yang bisa saya sampaikan untuk info selanjutnya mohon ditunggu dengan sabar, karena dalam proses pengerjaan. Terimakasih.

0 Response to "Media Budidaya Ikan di Indonesia"

Post a Comment