Potensi Budidaya Ikan di Indonesia

POTENSI BUDIDAYA IKAN DI INDONESIA


Selamat sore sobat-sobat Leonarsis, sore ini saya mau berbagi ilmu tentang Potensi Budidaya ikan di Indonesia. Dengan tahu hal ini mungkin bisa menginspirasi sobat-sobat Leonarsis untuk membudidayakan ikan. Sudah tahukan, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas perairan hampir dua pertiga dari luas wilayahnya yaitu sekitar 70%. Wilayah perairan di Indonesia berdasarkan kandungan kadar garamnya atau salinitas dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis perairan yaitu perairan tawar, perairan payau dan perairan laut. Dari ketiga jenis perairan tersebut dapat dihasilkan suatu produksi perikanan yang memberikan nilai tambah bagi pertumbuhan ekonomi nasional yang dapat meningkatkan
kesejahteraan  masyarakat  Indonesia.

Potensi perikanan budidaya secara nasional diperkirakan sebesar 15,59 juta hektar (Ha) yang terdiri dari potensi air tawar 2,23 juta ha, air payau 1,22 juta ha dan budidaya laut 12,14 juta ha. Pemanfaatannya hingga saat ini masing-masing baru 10,1 persen untuk budidaya ikan air tawar, 40 persen pada budidaya air payau dan 0,01 persen untuk budidaya laut, sehingga secara nasional produksi perikanan budidaya baru mencapai 1,48 juta ton. Oleh karena itu, untuk tahun 2006 Departemen Kelautan dan

Perikanan Republik Indonesia, menurut Freddy Numberi (2006), akan menargetkan produksi perikanan pada tahun 2006
mencapai 7,7 juta ton atau meningkat sebesar 13%, yang terdiri dari    produksi      perikanan    tangkap sebesar 5,1 juta ton dan produksi perikanan budidaya sebesar 2,6 juta ton, serta konsumsi ikan menjadi 28kg/kapita/tahun.

Berdasarkan target produksi perikanan budidaya yang telah ditetapkan oleh Departemen Kelautan dan Perikanan maka Departemen Pendidikan Nasional sebagai departemen yang akan menciptakan sumber daya manusia yang bergelut dibidang kelautan dan perikanan untuk membuat suatu perangkat pendidikan agar dihasilkan sumber daya manusia yang kompeten sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini.

Demikian sedikit informasi tentang potensi budidaya ikan di Indonesia, mungkin dengan melihat postingan saya ini bisa jadi inspirasi untuk membuat lapangan pekerjaan dibidang perikanan. Jangan lupa kunjungi terus blog ini, dan lihat info-info unik lainnya.

0 Response to "Potensi Budidaya Ikan di Indonesia"

Post a Comment